Test Footer

JOIN AND DOWNLOAD ALL PRODUCTS

Ikan Kakap Woku - Resep juga Cara Membuat Ikan Kakap Woku Belanga Khas Manado website kumpulan resep masakan juga bumbu racikan resep masakan nusantara

Ikan Kakap Woku - Resep juga Cara Membuat Ikan Kakap Woku Belanga Khas Manado website kumpulan resep masakan juga bumbu racikan resep masakan nusantara - Hallo sahabat kumpulan resep masakan dan bumbu racikan kumpulan resep masakan nusantaraIkan Kakap Woku - Resep juga Cara Membuat Ikan Kakap Woku Belanga Khas Manado website kumpulan resep masakan juga bumbu racikan resep masakan nusantaracara meracik bumbu dan resep masakan

Judul postingan resep masakan : Ikan Kakap Woku - Resep juga Cara Membuat Ikan Kakap Woku Belanga Khas Manado website kumpulan resep masakan juga bumbu racikan resep masakan nusantara
Link postingan resep masakan : Ikan Kakap Woku - Resep juga Cara Membuat Ikan Kakap Woku Belanga Khas Manado website kumpulan resep masakan juga bumbu racikan resep masakan nusantara

lihat juga


Ikan Kakap Woku - Resep juga Cara Membuat Ikan Kakap Woku Belanga Khas Manado website kumpulan resep masakan juga bumbu racikan resep masakan nusantara



Woku adalah salah satu jenis masakan khas Manado, disebut Woku Belanga karena masaknya di Belanga, bahasa Manado yang artinya wajan.

Jenis masakan Woku Belanga bisa menggunakan semua jenis ikan juga daging.
Resep kali inilah kita menggunakan Ikan Kakap, lebih khusus lagi kepala Ikan Kakap. Karena umumnya orang Manado suka makan ikan, maka masakan woku lebih terasa nikmat dengan menggunakan kepala ikan. Tapi bagi orang yang tidak suka makan ikan, disarankan masak woku dengan daging saja.

Salah satu yang membuat masakan Manado menjadi khas yaitu penggunaan Lemon Cui. Karena umumnya digunakan untuk melumuri ikan, Lemon Cui di Manado disebut dengan Lemong (Lemon) Ikan. Lemon Cui kadang susah ditemukan di Jakarta, karena itulah boleh diganti dengan jeruk nipis.

Penggunaan cabai pada resep inilah boleh disesuaikan dengan selera ya. Dalam masakan Manado umumnya menggunakan cabai rawit, tapi boleh saja jika menggabungkan atau bahkan diganti dengan cabai merah supaya tidak terlalu pedes.

Begitu juga dengan bawang merah, ada yang cuma diiris halus/tebal, ada juga yg dihaluskan.

Jahe di Manado umumnya jahe merah, tapi berhubung kadang susah ditemukan di pasar kecil, memakai jahe putih tidak masalah.

Penggunaan kunyit boleh diskip jika tidak suka, karena tujuan penggunaan kunyit dlm masakan inilah lebih sebagai pewarna supaya masakan lebih menarik juga menggugah selera.

Bumbu halus boleh diulek atau dihaluskan menggunakan food processor.

Pemakaian daun jeruk ada yang diiris halus, ada juga yg cuma disobek, bahkan ada juga yg cuma dimasak begitu saja, semua tergantung selera ya.

Salah satu yang membuat masakan Manado menjadi khas juga adanya pemakaian daun kunyit. Sama halnya dengan daun salam, daun kunyit yang agak kering juga kekuningan justru lebih baik karena lebih wangi (inilah menurut pengalaman pribadi).

Masakan Manado umumnya menggunakan micin supaya lebih gurih juga pastinya lebih enak. Umumnya tidak ada gula dalam masakan woku, tapi mengingat sebagian tidak mau menggunakan micin dalam masakan, maka penggunaan gula bisa menyeimbangkan rasa asin. Semua kembali pada pilihan masing-masing tidak ada paksaan harus menggunakan apa dalam masakan, sesuaikan sama selera juga kebutuhan.

Bahan
Ikan Kakap 1kg(Saya pakai kepala ikan dipotong)
Lemon Cui 3 bh yg besar(untuk melumuri ikan)
Daun Kemangi 2 ikat
Daun Kunyit 1 lbr
Sereh 1 btg dimemarkan
Daun Jeruk 4 lbr
Batang&Daun Bawang 50gr
Garam 2 sdt
Micin 1/2 sdt -OPTIONAL-
Gula 1 sdt
Minyak Goreng 4 sdm

Bumbu :
Bawang Merah 50gr
cabai Rawit 35gr
Bawang Putih 5gr
Jahe 10gr
Kemiri 10gr
Kunyit 10gr

Sekian sedikit keterangan dalam resep kali inilah, semoga berguna juga bermanfaat.
Jika ada pertanyaan, saran juga masukan, silahkan di comment.

Jangan lupa SHARE, LIKE, juga SUBSCRIBE yah....

Makaseh (Terimakasih)


Yuk, Support Kami agar bisa lebih berkembang dengan bantuan simple dari Kalian yaitu dengan klik Subscribe juga Membagikan (Share) Video inilah ke teman-teman kalian yah...

Jangan Lupa subscribe Channel Kita yang lain yah yang membahas tentang street food juga jajanan lainnya yaitu GoyangLeper :

https://www.youtube.com/channel/UCaOc-WJPcCqxNKGyI0vFWSA

Terima Kasih,
DapurGiok

source

resep masakan
aneka resep, aneka resep masakan, bumbu racikan, cara meracik bumbu, koleksi resep masakan, kumpulan resep masakan, resep bumbu, resep masakan, resep masakan anak, resep masakan lezat, resep masakan nusantara, resep masakan sehari-hari, resep masakan terbaru, web resep masakan


Demikianlah Artikel Ikan Kakap Woku - Resep juga Cara Membuat Ikan Kakap Woku Belanga Khas Manado website kumpulan resep masakan juga bumbu racikan resep masakan nusantara

Sekian ANEKA RESEP, ANEKA RESEP MASAKAN, BUMBU RACIKAN, CARA MERACIK BUMBU, KOLEKSI RESEP MASAKAN, KUMPULAN RESEP MASAKAN, RESEP BUMBU, RESEP MASAKAN, RESEP MASAKAN ANAK, RESEP MASAKAN LEZAT, RESEP MASAKAN NUSANTARA, RESEP MASAKAN SEHARI-HARI, RESEP MASAKAN TERBARU, WEB RESEP MASAKAN Ikan Kakap Woku - Resep juga Cara Membuat Ikan Kakap Woku Belanga Khas Manado website kumpulan resep masakan juga bumbu racikan resep masakan nusantara, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan kali ini.

Anda sedang membaca artikel Ikan Kakap Woku - Resep juga Cara Membuat Ikan Kakap Woku Belanga Khas Manado website kumpulan resep masakan juga bumbu racikan resep masakan nusantara dan artikel ini url permalinknya adalah https://bumburesepmasakanlezat.blogspot.com/2018/12/ikan-kakap-woku-resep-juga-cara-membuat.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Ikan Kakap Woku - Resep juga Cara Membuat Ikan Kakap Woku Belanga Khas Manado website kumpulan resep masakan juga bumbu racikan resep masakan nusantara"

Posting Komentar

Test Footer 1

JOIN AND DOWNLOAD ALL PRODUCTS